2.4

Ini mungkin akan jadi kegiatan rutin.

Namun, tepat setahun lalu, saya menulis surat ulang tahun kepada diri sendiri di umur 23, disini. Entah saya yang memang pada dasarnya melodramatik atau karena keadaan simpel sedang tidak bersahabat, saya kabur… kabur, dan untuk pertama kalinya memilih berganti hari ulang tahun di Bandung. Satu kota yang hanya memakan waktu maksimal empat jam dari Jakarta, namun untuk satu alasan yang tidak tahu mengapa, terasa begitu bersahabat.

Alasan saya kabur sebenarnya sungguh sederhana. Tahun ini, saya merasa menjadi manusia paling bodoh yang pernah ada dan tercipta di muka bumi. Me-recall apa yang menjadi doa saya di tahun lalu: “Semoga saya bisa berdiri sampai angka 2 bertemu angka 4 dan mengkisahkan satu cerita hidup tentang cinta yang selama ini saya cari.”

Mungkin, doa ini berkontribusi paling maksimal atas segala kebodohan, ketidaklogisan pikiran yang memamahbiah sejak saya berada di umur 23 tahun. Ketakutan, ketidakpercayaan, ketidakmampuan untuk jujur dengan diri sendiri, serta keinginan kuat menyenangkan orang terdekat adalah permasalahan utama saya. Masalahnya saya terkadang lupa: orang terdekat diri saya, adalah diri saya sendiri.

Wanita,

Selamat Hari Jadi Ke-24.

Selamat. Sepertinya kini, Anda sungguh telah menjadi wanita seutuhnya. Anda belajar dengan keras bahwa cinta bukan hanya pengorbanan, tapi rasa yang harus digabungkan dengan tepat kepada logika. Mari kita sebut, belajar untuk menempatkan logika rasa kepada setiap cinta, atau sesuatu yang Anda rasa Anda cintai.

Selamat. Anda sudah melakukan sebuah kesalahan besar yang tidak pernah bisa Anda gantikan; kesalahan yang akan terus Anda bawa sampai pada titik penghabisan, menyisa asa yang mungkin akan menjadi beban pikiran sekaligus pelajar terbaik bagi anak Anda nanti.

Selamat untuk segala rasa cinta yang kembali menjadi cinta mula-mula; untuk segala yang pertama dan segala yang tidak pernah terbayangkan. Anda belajar untuk mengerti hal baru, Anda belajar untuk hidup pada titik juggling dan bukan settle.

Selamat untuk ketidakmampuan mendengar band terbaik Anda dan merogoh-rogoh 8tracks hanya karena keinginan besar mendapatkan referensi lagu baru. Selamat karena artinya Anda kembali belajar mengenal dunia lebih luas, lebih tinggi, lebih dalam.

Selamat karena atas seluruh kegagalan hidup, Anda masih diberi kesempatan mendapatkan keseimbangan atas hal itu. Masih ada mimpi nyata sedari sekolah menengah yang sedang Anda perjuangan dan menjadi titik nol penyeimbang ketika ada di ketidakmampuan menahan logika rasa.

Selamat. Anda belajar untuk mengerti bahwa Anda tidak bisa selamanya membuat hidup berada di titik aman. Selamat karena Anda menjejak jauh dari titik nyaman atau comfort zone yang membuat hidup terkadang stuck di titik yang sama.

Selamat dan teruslah berkembang menjadi Anda yang seutuhnya. Seperti salah satu lagu dari OneRepublic yang kerap didengar belakangan waktu: “Hope when the moment comes, you’ll say… I did it all. I owned every second that this world could give. I saw so many places, the things that I did and with every broken bone, I swear I lived.”


Selamat ulang tahun. Selamat, karena atas segala kesusahan dan keresahan yang ada, kamu hidup. Kamu sesungguhnya sedang hidup dan menjalani hidup itu sendiri.

Berkembang menjadi versi terbaik dirimu, wanita, dan bukan menjadi dirimu sendiri. Kamu tidak akan pernah menjadi dirimu sendiri karena setiap insan pada hukumnya harus terus berkembang. Jangan berhenti, jangan pernah menapak pada satu titik sampai seluruh pertanyaan yang menekan persen keyakinan meningkat hingga hampir 80 persen.

Untuk satu doa lain menuju seperempat abad nanti:

Semoga ketika angka 2 dan 5 bertabrakan dalam sebuah linear waktu, biarlah saya sudah bisa berdiri di atas kaki sendiri. Mandiri dalam jiwa dan raga, membiarkan sang Ayah berhenti untuk menafkah dan melepaskannya menikmati hidup.

Amin.

Share With Your Loved One:

Posted by Ribka Anastasia

Ribka Anastasia Setiawan. Virgo. Have an affair with words and life. Full-time writer, part-time journalist, amateur copywriter, personal blogger. In love with life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *