2.3

Tepat satu tahun lalu saya menulis begini, disini:

“Dan ini doa seumur hidup saya: semoga saya bisa berdiri sampai angka 2 bertemu dengan angka 3 dan menghasil satu kejadian magis di dalam hidup saya.”

Hari ini, saya kembali bertambah umur, menyatukan angka 2 juga 3 dalam satuan linear berbanding lurus.

Hari ini, tepat setahun lalu, saya belajar untuk membangun dinding dengan sesama; berusaha detach agar tidak merasa tersakiti….namun tidak berhasil karena saya kembali diingatkan, belajar, dan didekatkan dengan satu kegiatan yang paling tidak bisa saya lakukan: percaya kepada manusia. Untuk kali ini, saya menyerah dalam kekuatan suatu refleksi jiwa bernama kata hati.

Tepat di tahun ini saya belajar untuk berdiri pada kaki-kaki saya sendiri, secara emosi dan finansial.

Tepat di tahun ini saya mengerti bahwa belajar untuk mencinta dengan diri sendiri memang yang tersulit, namun saya nampaknya berhasil mulai melakukan itu, sedikit demi sedikit.

Tepat di tahun ini, saya menyadari medium menulis tetap tidak bisa mendeskripsikan apa yang sesungguhnya saya rasakan. Mungkin kurang latihan. Mungkin kurang banyak membaca KBBI dan mengerti arti harafiah dari Bahasa Indonesia itu sendiri.

Namun, dari semuanya… Pada hari ini saya belajar, meminta sedikit kepada Yang Di Atas tentang konsep kebahagiaan ternyata tidak menyakitkan. Ini mengenai seuntas doa terpendek yang saya tulis setahun lalu, yang ternyata menjadi kenyataan tepat ketika saya menginjak angka 23:

“Dan ini doa seumur hidup saya: semoga saya bisa berdiri sampai angka 2 bertemu dengan angka 3 dan menghasil satu kejadian magis di dalam hidup saya.”

Dan untuk satu hari kecil bernama hari lahir, saya merasa menerima keajaiban itu. Lewat cinta yang saya pelajari dari The Beatles, “and in the end, the love you take is equal to the love you make.

Selamat ulang tahun, wanita. Kamu baru saja mendapatkan keajaiban mengenai keindahan belajar percaya kepada sesuatu yang terlihat begitu usang untuk dipercaya. Selamat untuk membuktikan bahwa kamu masih bisa dekat dengan kata hatimu sendiri.

Untuk satu lagi doa lain di seumur hidup saya:

Semoga saya bisa berdiri sampai angka 2 bertemu angka 4 dan mengkisahkan satu cerita hidup tentang cinta yang selama ini saya cari.

Happy birthday, me.

Share With Your Loved One:

Posted by Ribka Anastasia

Ribka Anastasia Setiawan. Virgo. Have an affair with words and life. Full-time writer, part-time journalist, amateur copywriter, personal blogger. In love with life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *