Pertanyaan Mengenai Kamu

Now Listening: Tiap Senja – Float

Ini sudah lewat tiga bulan dan saya masih bertanya-tanya mengenai kamu. Mengenai saya. Mengenai kita.

Saya sudah lelah daya menghisap seluruh emosi sendirian… saya hanya ingin bertanya kepada kamu, seperti dulu saya bertanya banyak hal.

Semua orang berkata, kamu hanya menggunakan saya atas nama kepentingan. Saya berusaha menepi asumsi itu, tapi tak mampu menahan bisik dan tanya: “betulkah?”

Saya mengingat seluruh detail hari-hari yang kita jalani. Seluruhnya, tanpa jeda. Seharian bermalam di Jakarta saat pergantian hari menuju ulang tahun, percakapan setiap menit via telepon, berbagi kisah di Pantai Melayu dan kamu di Jakarta, ucapan kangen pertama kali ….. semuanya masih melekat di kepala dan terlihat nyata.

Saya ingin bertanya, melihat ke dalam matamu, mencoba meraih jawaban disana dari satu pertanyaan yang tertahan sepanjang nafas: semuanya pura-pura? Apakah hanya saya yang berlebihan merasakan rasa dan menafsir emosi?

Katamu, kamu tidak tahu seberapa jauh saya disakiti dan dibuat lupa dengan kata percaya. Saat itu, saya hanya bisa menjawab dalam hati, “kamu membuat saya lupa bahwa saya melupa kata percaya… saya hanya takut mengatakan itu, terang-terangan.”

Walau pada akhirnya, seberapapun saya mencoba menjelaskan kepada kamu, cinta adalah rasa. Mungkin kita kurang merasakan cinta itu, atau saya salah menafsir emosi, atau kamu memang persis seperti apa yang mereka semua katakan.

Demi apapun, berikan saya satu penjelasan yang realistis, bukan surealis, mengenai semua ini. Bentangan kamu jelas, simbolik antar manusia yang terbuka, namun saya meluruh dengan asa. Kalau boleh mengutip lirik lagu yang saat ini saya dengar:

Tidakkah bimbang menyiksa, padahal masih banyak pulau yang dapat kamu temu? Sejenak saja, hampirikku… biar riak berlabu di pantaiku.

3:25 PM
Starbucks Coffee

About Ribka Anastasia

Ribka Anastasia Setiawan. Virgo. Have an affair with words and life. Full-time writer, part-time journalist, amateur copywriter, personal blogger. In love with life.

05. April 2015 by Ribka Anastasia
Categories: Momentum | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *