Postcard Letter

Surat Kepada Dia Yang Membuat Saya Jatuh Cinta Kepada Toko Kopi

Selamat malam,

Ditengah cuaca dingin yang berhembus sepanjangan sore ini, saya akhirnya kembali menikmati waktu dengan satu coffee shop favorit dibilangan Serpong, Tangerang. Sudah berkali-kali memang saya ke tempat itu–tapi bukan untuk duduk dan berdialog dengan diri sendiri, melainkan bekerja.

Kali ini, sambil menunggu janji buka puasa bersama teman kantor yang sudah resign, saya memiliki kesempatan untuk duduk dan bercengkrama dengan suara hati. Pun melamun.

Sungguh, tidak ada yang salah dengan melamun. Ia adalah bagian dari aktualisasi diri, setidaknya menurut saya begitu.

Saya sesungguhnya tidak berpikir mengenai dia sampai sebuah lagu dari Landon Pigg yang berjudul “Falling In Love at The Coffee Shop” teralun samar-samar ke pendengaran. Tidak bisa berdalih, saya meletakan buku The Happiness Project yang sedang dibaca dan akhirnya masuk dalam sebuah jalur panjang di salah satu bagian otak bernama memori.

Terulang potongan-potongan puzzle antara saya dan seseorang yang membuat saya mencinta lagi kepada suasana toko kopi.

Perbincangan yang panjang dan lama, kisah mengenai kecintaan akan buku dan film, serta wangi kopi yang kerap membagi kita menjadi dua individu dalam satu.

Kemudian kangen ini membuncah. Anehnya, bukan kepada laki-laki si pencipta kenangan–melainkan kepada satu sudut toko kopi bermerek di area Jakarta Pusat.

Ada satu tempat favorit saya: di pojokan, dekat dengan jendela yang membias warna pusat Jakarta dan keramaiannya. Sulit membedakan kecintaan akan tempat atau kepada memori yang tercipta di tempat itu; namun setidaknya, saya tahu pasti, ada kangen atas kegiatan mencermati manusia. Kegiatan yang sudah hampir setahun lalu saya tidak pernah rasakan lagi.

Mungkin inti dari surat ini adalah aliran ucapan terima kasih. Untuk membuat saya kembali jatuh cinta dengan toko kopi favorit. Untuk membuat saya belajar menghargai dialog-dialog panjang yang sedari dulu saya impikan.

Share With Your Loved One:

Ribka Anastasia Setiawan. Virgo. Have an affair with words and life. Full-time writer, part-time journalist, amateur copywriter, personal blogger. In love with life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.